Makanan Untuk Mencegah Anemia (kurang darah) pada Ibu Hamil

anemiaMakanan untuk mencegah Anemia / kurang darah pada Ibu Hamil perlu diketahui oleh wanita yang sedang mengandung pada saat ini karena hampir semua wanita hamil mengalami kondisi Anemia untuk itu Ibu hamil perlu menjaga kondisi dan  memperhatikan makanan apa yang harus dimakan setiap harinya.

Wanita yang mengalami anemia selama masa kehamilannya sangat beresiko untuk melahirkan secara prematur dan memiliki bayi dengan berat badan rendah. Oleh karena itu sangat perlu menjaga Hemoglobin dalam batas normal selama kehamilan karena hemoglobin adalah pengangkut oksigen ke janin. Untuk itu peran vitamin C sangat diperlukan untuk meningkatkan penyerapan zat besi kedalam darah. Selain itu juga diperhatikan makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi kedalam darah seperti kopi, teh dan juga calsium yang terdapat di dalam susu juga dapat menghambat penyerapan zat besi ke dalam darah.

Dibawah ini ada beberapa makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya anemia :

Pisang

Pisang merupakan sumber zat besi dan mineral yang baik. Makan pisang setiap hari sebagai makanan penutup dapat mencegah anemia pada Ibu Hamil selama masa kehamilan.

Kurma

Kurma memiliki kemampuan untuk memproduksi hemoglobin di dalam darah. Ibu hamil dapat makan kurma sebagai cemilan manis yang dapat meningkatkan produksi darah merah.

Havermut

Havermut bisa melawan anemia selama kehamilan. Selain mudah dicerna, havermut dapat memberikan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, bersama dengan zat besi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber zat besi untuk mencegah anemia. Ini juga bisa jadi camilan sehat untuk menemani kegiatan Anda di tempat kerja atau di rumah.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran berdaun hijau yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Brokoli adalah sumber vitamin, zat besi, dan asam folat.

Daging merah

Daging merah dapat membantu ibu hamil mendapatkan cukup zat besi untuk memerangi anemia selama kehamilan. Zat besi dari sumber hewani lebih mudah diserap dibandingkan dari sumber nabati.

Bayam

Bayam merupakan makanan super bagi ibu hamil. Bayam adalah pemasok zat besi dan asam folat untuk memerangi anemia selama kehamilan.

Buah Delima

Delima merupakan buah yang kaya zat besi. Menyertakan buah ini dalam diet harian jika Anda mencari solusi untuk memerangi anemia selama kehamilan.

Kismis

Kismis adalah buang anggur yang dikeringkan. Kismis menjadi pilihan yang baik untuk melawan anemia selama kehamilan.

Kuning telur

Kuning telur mengandung banyak zat besi. Makan telur dapat membantu mempertahankan jumlah normal hemoglobin.

Biji-bijian

Biji-bijian membantu ibu hamil tetap sehat dengan mencegah anemia selama kehamilan. Semua jenis biji-bijian akan menjaga jumlah normal hemoglobin.

Kerang

Kerang adalah jenis makanan laut yang kaya zat besi. Ibu hamil dapat memasukkan dalam diet harian untuk mengobati anemia selama kehamilan. Namun, tetap batasi asupannya karena diduga tercemar limbah.

Madu

Jika ibu hamil mengalami anemia selama kehamilan, coba masukkan madu dalam menu harian Anda. Madu merupakan sumber zat besi yang baik untuk melawan anemia.

Jus jeruk

Jus jeruk merupakan sumber vitamin C, yang dapat membantu penyerapan zat besi. Mengasup vitamin C dapat membantu melawan anemia selama kehamilan.

Cobalah untuk memasukkan beberapa dari daftar makanan di atas dalam menu harian anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk ibu hamil.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: