Aku dan Vitiligo

Setelah sembuh dari penyakit batu empedu, kini saya kembali berhadapan dengan suatu penyakit baru, namanya Vitiligo. Pertama kali bercak putih ini muncul setelah kurang lebih 1 bulan setelah perawatan di Rumah Sakit sehabis operasi. Awalnya saya hanya menduga penyakit kulit biasa seperti Panu karena saya habis dirawat selama kurang lebih sebulan di Rumah Sakit karena penyakit batu empedu tapi setelah saya obati dengan obat kulit yang di jual di apotik secara umum tapi tak kunjung sembuh. Akhirnya saya ke dokter kulit untuk tahu lebih lanjut.

Setelah diperiksa secara teliti oleh dokter kulit, akhirnya dokter menyimpulkan bahwa penyakit yang saya hadapi adalah Vitiligo. Dokter menjelaskan mengenai penyakit ini dan saya juga mencari informasi melalui internet, akhirnya saya tahu bahwa penyakit ini sulit untuk sembuh tapi bukan berarti tidak bisa sembuh.

Dalam perjalanan mengobati penyakit ini, ada satu yang paling sulit untuk mengambil keputusan untuk berobat. Saat itu seorang teman memperkenalkan saya dengan seorang dokter kulit dan lanjut cerita dokter itu ingin membantu mengobati tapi caranya lain, yaitu dengan jalan operasi, katanya kulit yang kehilangan pigmen diangkat kemudian diambil kulit dari tempat lain di tubuh saya yang masih berpigmen kemudian ditempelkan ke tempat vitiligo tersebut.

Suatu keputusan yang sangat sulit pada saat itu karena saya baru selesai menjalani operasi pengangkatan kantung empedu. Setelah saya bicarakan dengan Ibu bahwa saya akan operasi vitiligo, ibu tidak merestui akhirnya saya menolak untuk melakukan operasi.

Saat ini saya menggunakan obat herbal yang saya beli melalui online, namanya Vitiligo Natural. Saya sudah menggunakan obat ini dan vitiligo saya tidak berkembang pesat dan warnanya sudah tidak putih lagi. Semoga pengobatan kali ini mendapatkan hasil, dan jika ada hasil yang menggembirakan akan saya posting di halaman blog ini.

 

 

 

45 gagasan untuk “Aku dan Vitiligo

  1. dini enyta 27/08/2012 pukul 1:46 pm Reply

    Mba, bisa tau keadaan sekarang setelah menggunakan vitiligo natural, anak saya kelas 3 SD dan saya sudah berobat kemana mana, lokasi vitiligonya di kaki. Skg anak saya lagi ikut paket utk phototherapy dan di beri salep, sepertinya belum ada perubahan, boleh tau utk dokter yg menyarankan operasi dimana ya mba, posisi saya di surabaya. Terima kasih atas infonya,

    • jayruhalku 14/09/2012 pukul 9:51 pm Reply

      Keadaan Viti saya masih seperti saat saya memposting artikel diatas, belum ada perubahan yang berarti tapi warnanya sudah tidak putih lagi dan penyebarannya sangat lambat. Dokter yang menyarankan operasi saat itu adalah dokter yang sedang ngambil spesialis kulit, jadi saat itu saya ingin dijadikan penelitian untuk menyelesaikan studynya. Sekarang dokter tsb sudah selesai mengambil spesialis kulit dan di tempatkan di daerah yang saya tidak tahu namanya, posisi saya di Makassar mba, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, semoga anak mba mendapatkan pengobatan yang terbaik…amin, salam buat keluarga mba.

  2. adjie permana 07/10/2012 pukul 9:03 am Reply

    Mba dimana beli Vitiligo Natural tsb, apakah di bandung ada yang jual?

    • jayruhalku 09/10/2012 pukul 12:48 am Reply

      Saya belinya dari Dubai Mas Adjie, transfernya melalui western union, tiba di indonesia kurang lebih 8 hari, kurang tau juga ya apa di Bandung ada yang jual tapi di grup vitiligo indonesia di FB sepertinya pernah ada yang jual tapi dari Medan kalo tidak salah ingat, makasih Mas Adjie udah mampir.

      • melisa 24/10/2012 pukul 4:56 pm

        Mba..bagaimna perkembanganny??Aku mau beli vitiligo natural yg mba pkai..Aku jg mengalami vitiligo di kening.
        Bagaimana prosedur order ny y mba?Aku baru pertama kali order barang dari luar negeri..

      • jayruhalku 08/12/2012 pukul 12:59 pm

        saya balas ke emailnya mba ya.., mhn maaf baru kebaca commentnya..

  3. adiiis 10/01/2013 pukul 10:10 am Reply

    mba, saya juga kena vitiligo disekitar mata. saya mau tanya gimana cara belinya mba? makasih

    • jayruhalku 19/01/2013 pukul 9:15 pm Reply

      Cara pesannya mudah, order melalui website resminya (cari di google dengan kata kunci vitiligo natural) setelah itu untuk pembayaran gunakan western Union (caranya ada juga di websitenya dijelaskan) setelah pembayaran konfirmasikan nomor pengiriman dari western union melalui email ke customer servicenya dalam bahasa inggris (gunakan google translate), terima kasih ya udah berkunjung ke blog jayruhalku.

  4. hesti 10/01/2013 pukul 7:00 pm Reply

    Cara pesan obat vitiligo brp harganya

    • jayruhalku 19/01/2013 pukul 9:23 pm Reply

      cara pesan vitiligo natural ada di salah satu comment ini, untuk harganya mungkin sekarang sudah berubah, buka deh website resminya, tapi waktu pesan kemarin saya habis kurang lebih Rp.800.000, biaya transfer menggunakan western union saja sudah mengeluarkan duit Rp.112.000, mungkin ini yang bisa sharing, makasih ya udah mampir di blog jayruhalku.

  5. elvina 05/02/2013 pukul 3:26 pm Reply

    Mbak saya kena vitiligo dari tengah tahun 2009, letaknya di kaki.. mbak, vitiligo natural itu benar2 bisa menggelapkan ya? Dalam waktu brp lama perubahannya?

    • jayruhalku 12/02/2013 pukul 2:28 pm Reply

      Sejauh ini belum ada perubahan yang berarti, sewaktu rutin menggunakan vitiligo natural oil warnanya sudah tidak putih lagi (kecoklatan) dan tidak berkembang, pas saya coba tidak gunakan vitiligo natural oil selama 1 minggu, warnanya kembali lagi dan sedikit mulai melebar. Jadi saran saya kalo mau coba beli vitiligo oil patungan deh dengan teman yang menderita viti(kan beli 1 botol bonus 1 botol) supaya kalo tidak ada hasil ngga rugi2x banget. Makasih ya udah mampir.

  6. ardi 07/05/2013 pukul 1:57 am Reply

    mbak mau tanya ponakan saya kean vitiligo, mbak menggunakan vitiligo natural saat ini gimana mbak? mohon infonya ya.semoga bermanfaat juga nih buat yang lain
    salam kenal dari medan

    • jayruhalku 21/05/2013 pukul 12:26 pm Reply

      Saya sudah menggunakan vitiligo natural kurang lebih hampir 1 tahun dan hasil yang saya dapatkan hanya vitinya aja yang tidak berkembang pesat, selain itu tidak ada hasil yang berarti, mungkin hanya itu yang bisa saya sharing, salam kenal Mas Ardi, tks sudah mampir.

  7. tri 29/06/2013 pukul 3:02 pm Reply

    Salam kenal sy mas Tri. Terima kasih sya bisa bertemu sdr/i jayruhalku walau hanya lewat website. Sebagai info kpd bpk/ibu sy terdiagnosa dokter terkena vitiligo sekitar 3 tahun lalu lokasinya di bawah bibir kiri. Mulanya viti nya kecil dan trus membesar. sekarang viti sdh ada di bebepa tempat. Penyakit ini cukup merepotkan penampilan saya. Sya telah mencoba beberapa obat herbal seperti nutrimous produk CNI. obat ini diberikan oleh dokter kulit senior di kota sya tapi obat ini tdk efektif. Kemudian sya ke dokter kulit yang lain dan diberi obat namanya Protopic Tracrolimus ointment 0,1%.(hargnya sekitar Rp. 380.000) diproduksi oleh janssen from USA. dijual di opotik yg lengkap seperti Kimia Farma dll. Dan sy sdh memggunakan obat ini sekitar 2 bulan. Hasilnya cukup baik karena obat ini mampu menghambat perkembang viti tapi warna kulitnya sdh mulai kembali ke kondisi awal. Karena sy setiap hri harus ke kantor maka utk menyamarkan warna viti sy pakai eyes shadow warna sesuai kulit muka sya. Sy menggunak produk dari Revlon dan viti tersamarkan dan sy bisa menjalani aktifitas seharian dengan enjoy. Sy berharap sdr/i yg mengalami vitiini untuk trus hidup bersemangat, berpikir positif dan trus bersyukur kpd sang pencipta sehinga kita tetap bergembira dan sukacita menjalani hidup sehari-hari… Salam dari sya Tri.

    • jayruhalku 06/08/2013 pukul 2:18 pm Reply

      Info yang sangat bermanfaat, Terima kasih Mas Tri atas kunjungannya dan sharingnya.

  8. fanny 16/07/2013 pukul 2:34 am Reply

    mba, sudah berapa botol obat vitiligo natural ini mba pakai selama setahun ini? apakah ada efek samping? thanks

    • jayruhalku 06/08/2013 pukul 2:29 pm Reply

      Sampai saat ini saya baru menggunakan 1 botol, tidak efek samping dan tidak ada efek penyembuhan yang signifikan tapi ini bukan berarti obat vitiligo natural oil tidak baik, mungkin karena saya saja yang tidak cocok dengan obat ini, terima kasih ya atas kunjungannya.

  9. Chechep 30/07/2013 pukul 5:44 pm Reply

    Mba, seberapa parah vitiligonya dan setelah menggunakan vitiligo natural berapa persen sembuhnya? Sy juga vitiligo dikasi salep warna coklat oleh dr tapi nggak sembuh2. Mohon infonya ya. Tq

  10. Hams 27/08/2013 pukul 3:02 am Reply

    sy ada pengalaman untuk pengobatan vitiligo yg diberikan oleh dokter kulit yaitu obat luar namanya delsoralen saya oles ditempat yg terkena viti lalu dijemur sekitar 1 menit antara jam 8 – 10, 1 kali seminggu viti saya kembali normal dan tidak berkembang, namun sekarang viti sy ada lagi dan obat delsoralen itu sudah tdk diproduksi lagi tapi tdk semua orang cocok karena ada faktor lain mungkin seperti komplikasi dll. teman2 viti kalo ada info tentang obat delsoralen mohon disebarkan siapa tahu ada juga yg cocok. trims

    • jayruhalku 29/08/2013 pukul 11:57 pm Reply

      Terima kasih Mas Hams atas sharingnya, tapi sayang karena suatu dan lain hal delsoralen sudah tidak diproduksi lagi, tapi teman-teman viti tidak usah berkecil hati, lakukan saja pengobatan dengan apa yang bisa kita dapatkan sekarang ini. karena kesembuhan bukan datangnya dari obat yang kita gunakan tapi dari kesabaran dan kesungguhan kita yang mendapatkan nilai kesembuhan dari Pencipta Alam Semesta.

  11. ade 26/09/2013 pukul 1:33 am Reply

    Utk yg brdomisili di sby,bisa datang k RS Haji,alamatnya di jl manyar kertoadi.disitu ada alat sinar uv protection A dan B
    hslnya lumayan.muncul bnyk spot coklat.tp klw habis disinar viti terasa gatal panas dan memerah.

    • jayruhalku 27/09/2013 pukul 10:09 pm Reply

      Info yang menarik nih dari Mas Ade buat teman viti yang ada di sekitar Surabaya, tks ya Mas Ade atas infonya.

  12. Harianto Arie 27/09/2013 pukul 8:11 am Reply

    terima kasih sudah berbagi di blog ini, anak saya usia 3,5 thn di ujung mata ada warna putih sblh kanan agak besar dan jelas sebelah kiri agak samar, kalo habis berenang atau bermain panas2an warna puith itu akan tampak jelas sekali sampai 1-2 hari kedepan, dan kemudian sedikit berkurang klo lama gak bermain di terik matahari…… yg saya kawatirkan apakah itu vitiligo, saya baru sadar setelah 1-2 bln ini saya amat2in, kirain saya hanya panu biasa, tp setelah browsing2 internet saya sangat terkejut sekali !! Akhirnya saya bawa ke dokter kulit tp jawaban dokter tersebut sangat tidak memuaskan, apakah ini vitiligo dan apa serta bagaimana penyembuhannya dokter tersebut hanya menjawab sama seperti ulasan2 di web saat browsing……. saat ini saya mencari obat salep yg diberikan resep dokter tsbt tp sdh 3 minggu setiap apotik kami tnya selalu kosong (saya lupa nama obatnya krn istri yg catet)…… kadang pada kondisi2 tertentu kelopak mata dan sedikit dibawah mata muncul warna puith simetris seprti memawaki kaca mata/topeng….. tp kadang2 hilang, yg pasti permanen hanya di ujung mata kanan aja tepat di kulit ujung mata….. trs terang saya sangat kawatir apakah ini vitiligo dan kelak akan membesar dan menyebar menjadi timbul bercak2 putih lainnya (semoga hanya perkembangan kulit saja dan bkn virtigo)…………. terima kasih atas sharingnya.

    email : a121e_plg@yahoo.com

    • jayruhalku 27/09/2013 pukul 10:19 pm Reply

      Terima kasih Mas Harianto telah berbagi di blog ini, harapannya sih semoga ananda tidak terkena Vitiligo, tapi ada baiknya diperiksa dulu lebih lanjut apakah memang vitiligo atau bukan. Menurut dokter kulit kenalan saya sih katanya vitiligo pada anak-anak sangat mudah untuk disembuhkan dibandingkan pada orang dewasa. Semoga ananda dapat pengobatan terbaik Mas Harianto, tks.

    • Gstandi 30/10/2013 pukul 5:47 pm Reply

      Sekadar sedikit sharing,
      Dokter pertama yang mendiagnosis saya vitiligo menjelaskan cara gampang mengetahui vitiligo atau bukan: lihat di bawah lampu terang bercak putih tersebut, apa rambut di atas kulit tersebut ikut memutih? Jika ikut memutih, berarti besar kemungkinan vitiligo.

      Benar, vitiligo pada anak2 lebih mudah disembuhkan. Yang penting jangan stress dan tetap semangat.

  13. risya mokodompit 27/09/2013 pukul 2:07 pm Reply

    Mba jayruhalku blh aku mnta no hpnya gak, atau ke pin saya ya 2ae37d75

    • risya mokodompit 27/09/2013 pukul 2:26 pm Reply

      Mba aku kena vitiligo di kening dan leher, ada yang mau aku tanyakan mba, blh kan @FB aku donk….

      • jayruhalku 27/09/2013 pukul 10:23 pm

        Oke deh Mba Risya FBnya nanti di add ya, tks sudah berkunjung di blog jayruhalku.

    • jayruhalku 27/09/2013 pukul 10:25 pm Reply

      Maaf Mba ngga punya BB :), FBnya aja ya di add, tks.

      • Harianto Arie 30/09/2013 pukul 6:59 am

        FB nya apa ya mbak ? boleh saya add pertemanan, terima kasih

  14. Harianto Arie 30/09/2013 pukul 6:57 am Reply

    terima kasih supportnya, rencana akan saya bawa ke RSCM Pusat krn dpt kabar ada Prof dokter yg bisa menjustifikasi vitiligo apa bukan….. sekali lg terima kasih atas sharingnya

  15. andi jambi 05/10/2013 pukul 4:39 pm Reply

    Mba jayruhalku blh aku mnta no hpnya gak.. aku mohon… ada yang aku mau tanya untuk pemesanan obatnya,, kalau boleh aku pesan lewat mbak aja. kalau boleh mbak tinggal dimana.. Trimakasih banyak mbak..

    • jayruhalku 25/10/2013 pukul 1:32 pm Reply

      Mas Andi, mohon maaf untuk no.hp saya nggak bisa share disini, dan untuk pemesanan Mas Andi bisa langsung ke website resminya. Hal ini semata-mata hanya untuk menjaga etika dalam berbagi. Jangan sampai terkesan mengambil keuntungan diatas penderitaan orang lain. tapi sebelum melakukan pembelian sebaiknya gabung dulu ke FanPage Vitiligo Indonesia di facebook, baca pendapat dr.David tentang Natural Oil yang banyak di iklankan di facebook.

      • ully' 09/11/2013 pukul 2:18 pm

        Hay kawan” aku jga punya pnyakit viti sdah parah,,ada di bagian keliling bibir dan di jari tangan,,bgi kawan” Ɣªήğ sdah smbuh dri viti tlng dongg di bagi infonya ini pin aku 2a14b5d7..mkasaih sblumnya

  16. Veldy Umbas 23/10/2013 pukul 3:21 pm Reply

    Hi all… Seperti pengalaman kebanyakan, kejadian yang menimpa anak saya, umur 6 tahun sangat mirip.. mengira itu panu, diberi obat/cream anti jamur, tapi tidak berhasil. Akhirnya ke dokter, dan kemudia browsing…
    Terus terang saya sudah pasrah… Beruntung, penyakit ini tidak mematikan. Tapi memang sangat mengganggu. Melihat teman teman sekalian yang menderita Vitiligo begitu tegar membuat kami merasa dikuatkan.
    Hanya saja, kami berharap kalau ada pengalaman pengalaman penting untuk dipelajari barangkali bisa di share… misalnya seputar makanan, dsb… Termasuk obat… Diharapkan yang benar-benar memberi manfaat. Agar tidak memberi harapan semu… Dan ada juga para pelaku bisnis yang memanfaatkan situasi…
    Terima Kasih…
    Salam…

    • Gstandi 30/10/2013 pukul 5:43 pm Reply

      Betul, saya juga sangat tidak suka banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan penyakit vitiligo ini. Jadi seakan-akan produk mereka atau mereka sendiri bisa menyembuhkan vitiligo. Mereka dengan mudahnya mengaitkan produk mereka dengan penyakit2 yang sulit untuk disembuhkan.
      ketika diminta pembuktian atau garansi! tentu mereka banyak berkelit.

  17. john adler 23/10/2013 pukul 4:04 pm Reply

    Mba aku punya adek kandung yang kena vitiligo di bawah bibir dan paha, ada yang mau aku tanyakan mba, blh kan @FB aku donk….? kalau boleh minta teks bhs inggrisnya mbak untuk pemesanan ke dubai ?

  18. Gstandi 30/10/2013 pukul 5:40 pm Reply

    Hi, saya ingin sharing sedikit,
    Saya sekitar 1,5 tahun terakhir ini terkena vitiligo.

    menurut saya, pemicu utama munculnya vitiligo adalah stress dan pola hidup yang kurang baik. Masing2 orang memiliki sistem imun yang berbeda, jadi penyembuhannya tidak bisa disamakan.

    saya pribadi, vitiligo saya belum sembuh, juga belum membaik, tapi setidaknya tidak menyebar. Saat ini vitiligo saya ada di wajah bagian pipi dan sekitar mata. Sejak 1 tahun terakhir tidak ada penyebaran. Puji Tuhan.

    saya sudah ke berbagai dokter spesialis ternama di Surabaya. Hasilnya saya disarankan untuk phototherapy NB UVB rutin, menggunakan protopic, dan sunblock SPF 60, dan minum suplemen. Semua itu saya lakukan plus rajin minum green juice (seledri, bayam, wortel, paprika merah, apel hijau, dan jahe) karena saya sadar saya tidak suka sayur.
    sejak kecil saya tidak suka sayur sama sekali.

    hingga sekarang saya hanya bisa bersyukur dan pasrah.
    bagaimanapun ini cobaan dari Tuhan yang harus saya jalani,
    Saya hanya bisa berusaha dan berdoa.

  19. frisca 16/11/2013 pukul 2:21 am Reply

    salam kenal semuanya…saya frisca di malang,mau sharing juga ttg vitiligo
    saya mulai menderita vitiligo sekitar 5 tahun yang lalu,,kakak,pakde,dan bude saya juga
    saya sudah berobat ke dokter kulit sampai klinik estetika di surabaya tapi belum ada hasil yang memuaskan. dari obat yang diminum sampai salep juga tidak menunjukkan hasil yang memuaskan
    menurut dokter,vitiligo bukan penyakit yang menurun, tetapi pakde dan bude saya juga terkena vitiligo dan sudah menyebar banyak sekali di kulit tubuhnya, tidak menutup kemungkinan saya dan kakak saya juga akan menyebar seiring dengan bertambahnya usia.
    menurut dokter juga, vitiligo juga bukan karena makanan, tapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa penderita vitiligo tidak boleh mengkonsumsi kunyit, terigu dan produk2nya, susu sapi dan produk2nya, ikan laut dan seafood lainnya,,
    apakah benar penderita vitiligo tidak boleh terlalu sering terpapar sinar matahari?
    saya pernah browsing tentang obat vitiligo yang dijual di luar negeri, salah satunya vitiligo natural dari dubai itu, ada juga vitiligo herb, vitiligo oil, dll tapi saya masih ragu untuk membeli karena tidak tahu bagaimana caranya belanja barang dari luar negeri :p heheheh….selain itu saya juga takut apakah website nya benar2 terpercaya, dan apakah produk tsb bisa memberikan perbaikan pada vitiligo saya…
    sekarang saya tidak tahu lg bagaimana mengobati vitiligo saya, rasanya sudah hampir putus asa, tapi saya yakin semua penyakit ada obatnya (kecuali pikun dan mati) hanya mungkin belum ditemukan saja. vitiligo saya paling banyak ada di jari tangan, selain di pinggir kuku kaki, bibir, lubang hidung, dan sekarang mulai ada bintik kecil di perut dan dada.. kalau di jari tangan paling besar karena luka saat sering dipakai mencuci popok bayi saya jadi bekas lukanya ikut memutih menjadi vitiligo :’( apakah teman2 juga ada yg seperti itu?
    semoga kita semua diberikan kesabaran dan tawakal oleh Allah SWT dalam menghadapi cobaan penyakit ini..Amiinn…

  20. didis 22/12/2013 pukul 2:20 am Reply

    Sya didi mas, kebetulan sy jg terkena vitiligo dr kecil skrng jmlh klt yg sudah sy tersebar sktr 30% dan wkt itu sy sdh cocok dgn obt delsolaren tp syng obt itu sdh g produksi lg.
    Mngkin ad informasi lg tentang pengobatan vitiligo ???

  21. ike melani 25/02/2014 pukul 5:01 am Reply

    Sprtinya sya telat bgt baca blog ini.. Apakah sudah ada perkembangan ? Sya jga hampir nyerah unt vetiligo ini,.

  22. retno 26/02/2014 pukul 12:08 am Reply

    salam kenal. saya retno
    boleh tanya dokter yang menyarankan trans kulit itu di mana ya mas?
    6 taun lalu saya pernah melakukan operasi ini di china, dan hasilnya memang bisa tumbuh kulit yang warna kulit kita, tapi vtiligonya sepertinya lebih cepat dari perkembangan kulit yang berpigmen tersebut, jadi sekarang vitiligonya lebih besar dari kulit berpigmen tersebut
    sekarang saya ingin melakukan operasi tersebut
    mohon petunjuknya dimana ya?

  23. imadhie 15/03/2014 pukul 3:23 am Reply

    anak saya menderita vitiligo sejak usia 4th (atau sdh hampir 5 th), awalnya hanya sedikit di dekat mata dan dada dan bisa hilang setelah di obati dengan salep dr dokter, sejalan dengan perkembangan usia dan aktivitas yang kemungkinan lebih sering terpapar matahari (kata dokternya) maka 2 thn belakangan ini vitinya muncul lagi di dekat telingga, kelopak mata,dahi, dada, lutut dan pergelangan kaki, saat ini sedang menjalani pengobatan dengan menggunakan salep Protopic Tracrolimus ointment 0,1%.(dioleskan pagi dan malam) disamping juga meminum ashtinforce, perubahanannya untuk didekat mata sudah mulai ada hasil di bagian lain masih belum ada perubahan (mungkin karena di dekat mata kulitnya lebih tipis ya?), bila ada teman2 yg juga menjalani pengobatan yang sama mohon bs share prkembangannya. tks

  24. Ardy 30/03/2014 pukul 8:38 am Reply

    Pakai fungiderm obat panu dan kurangi makanan laut ,bawang Dan cabe banyak makan buah-buahan dan sayuran terutama bayam ..pasti sembuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: