Aku dan Vitiligo

Setelah sembuh dari penyakit batu empedu, kini saya kembali berhadapan dengan suatu penyakit baru, namanya Vitiligo. Pertama kali bercak putih ini muncul setelah kurang lebih 1 bulan setelah perawatan di Rumah Sakit sehabis operasi. Awalnya saya hanya menduga penyakit kulit biasa seperti Panu karena saya habis dirawat selama kurang lebih sebulan di Rumah Sakit karena penyakit batu empedu tapi setelah saya obati dengan obat kulit yang di jual di apotik secara umum tapi tak kunjung sembuh. Akhirnya saya ke dokter kulit untuk tahu lebih lanjut.

Setelah diperiksa secara teliti oleh dokter kulit, akhirnya dokter menyimpulkan bahwa penyakit yang saya hadapi adalah Vitiligo. Dokter menjelaskan mengenai penyakit ini dan saya juga mencari informasi melalui internet, akhirnya saya tahu bahwa penyakit ini sulit untuk sembuh tapi bukan berarti tidak bisa sembuh.

Dalam perjalanan mengobati penyakit ini, ada satu yang paling sulit untuk mengambil keputusan untuk berobat. Saat itu seorang teman memperkenalkan saya dengan seorang dokter kulit dan lanjut cerita dokter itu ingin membantu mengobati tapi caranya lain, yaitu dengan jalan operasi, katanya kulit yang kehilangan pigmen diangkat kemudian diambil kulit dari tempat lain di tubuh saya yang masih berpigmen kemudian ditempelkan ke tempat vitiligo tersebut.

Suatu keputusan yang sangat sulit pada saat itu karena saya baru selesai menjalani operasi pengangkatan kantung empedu. Setelah saya bicarakan dengan Ibu bahwa saya akan operasi vitiligo, ibu tidak merestui akhirnya saya menolak untuk melakukan operasi.

Saat ini saya menggunakan obat herbal yang saya beli melalui online, namanya Vitiligo Natural. Saya sudah menggunakan obat ini dan vitiligo saya tidak berkembang pesat dan warnanya sudah tidak putih lagi. Semoga pengobatan kali ini mendapatkan hasil, dan jika ada hasil yang menggembirakan akan saya posting di halaman blog ini.

 

 

 

174 tanggapan untuk “Aku dan Vitiligo”

  1. Mba, bisa tau keadaan sekarang setelah menggunakan vitiligo natural, anak saya kelas 3 SD dan saya sudah berobat kemana mana, lokasi vitiligonya di kaki. Skg anak saya lagi ikut paket utk phototherapy dan di beri salep, sepertinya belum ada perubahan, boleh tau utk dokter yg menyarankan operasi dimana ya mba, posisi saya di surabaya. Terima kasih atas infonya,

    1. Keadaan Viti saya masih seperti saat saya memposting artikel diatas, belum ada perubahan yang berarti tapi warnanya sudah tidak putih lagi dan penyebarannya sangat lambat. Dokter yang menyarankan operasi saat itu adalah dokter yang sedang ngambil spesialis kulit, jadi saat itu saya ingin dijadikan penelitian untuk menyelesaikan studynya. Sekarang dokter tsb sudah selesai mengambil spesialis kulit dan di tempatkan di daerah yang saya tidak tahu namanya, posisi saya di Makassar mba, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, semoga anak mba mendapatkan pengobatan yang terbaik…amin, salam buat keluarga mba.

      1. saya juga ada vitiligo tetapi saya mengkonsumsi lada hitam yang dicampur kemakanan yang saya makan. alhamdulillah warna viti tidak putih lagi dan udh sesuai dgn wrna kulit saya yg normal.

      2. Kak bisa dikasih tau sekitar harga berapa ya obat vitiligo ornagics naturalnya?

      3. Mba..anak saya umur 3 thn terkena viti di punggungnya ..saat ini diberi salep protopic..apakah aman pemakaian nya jika dibarengi dengan vitiligonatyral?

    2. Di Surabaya ada mbak dr.Benny Abdullah, dia ambil S3 Vitiligo dan saya berobat sma beliau. Vitiligo sdh 4 bln pakai obat oles di wajah hilang, namun untuk di tangan masih blm, dr juga punya alat sinar untuk vitiligo dlm jumlah banyak, namun untuk jumlah sedikit, beliau menyarankan obat oles dan teh minum. Mungkin bisa dicoba.

    1. Saya belinya dari Dubai Mas Adjie, transfernya melalui western union, tiba di indonesia kurang lebih 8 hari, kurang tau juga ya apa di Bandung ada yang jual tapi di grup vitiligo indonesia di FB sepertinya pernah ada yang jual tapi dari Medan kalo tidak salah ingat, makasih Mas Adjie udah mampir.

      1. Mba..bagaimna perkembanganny??Aku mau beli vitiligo natural yg mba pkai..Aku jg mengalami vitiligo di kening.
        Bagaimana prosedur order ny y mba?Aku baru pertama kali order barang dari luar negeri..

    2. Di Surabaya ada mbam dr.Benny Abdullah. Vitiligo sdh 4 blm pakai obat oles di wajah hilang, namun untuk di tangan masih blm, dr juga punya alat sinar untuk vitiligo dlm jumlah banyak, namun untuk jumlah sedikit, beliau menyarankan obat oles dan teh minum. Mungkin bisa dicoba.

      1. Mbak Hanny, suami saya juga terkena vitiligo, kalau boleh tahu dr Benny Abdullah paraktek di mana? Bolehkah saya minta nomor telpnnya? terima kasih

      2. Apa dokter benny masih praktek sampai sekarang?
        Boleh saya Minta alamat kliniknya…

    1. Cara pesannya mudah, order melalui website resminya (cari di google dengan kata kunci vitiligo natural) setelah itu untuk pembayaran gunakan western Union (caranya ada juga di websitenya dijelaskan) setelah pembayaran konfirmasikan nomor pengiriman dari western union melalui email ke customer servicenya dalam bahasa inggris (gunakan google translate), terima kasih ya udah berkunjung ke blog jayruhalku.

    1. cara pesan vitiligo natural ada di salah satu comment ini, untuk harganya mungkin sekarang sudah berubah, buka deh website resminya, tapi waktu pesan kemarin saya habis kurang lebih Rp.800.000, biaya transfer menggunakan western union saja sudah mengeluarkan duit Rp.112.000, mungkin ini yang bisa sharing, makasih ya udah mampir di blog jayruhalku.

  2. Mbak saya kena vitiligo dari tengah tahun 2009, letaknya di kaki.. mbak, vitiligo natural itu benar2 bisa menggelapkan ya? Dalam waktu brp lama perubahannya?

    1. Sejauh ini belum ada perubahan yang berarti, sewaktu rutin menggunakan vitiligo natural oil warnanya sudah tidak putih lagi (kecoklatan) dan tidak berkembang, pas saya coba tidak gunakan vitiligo natural oil selama 1 minggu, warnanya kembali lagi dan sedikit mulai melebar. Jadi saran saya kalo mau coba beli vitiligo oil patungan deh dengan teman yang menderita viti(kan beli 1 botol bonus 1 botol) supaya kalo tidak ada hasil ngga rugi2x banget. Makasih ya udah mampir.

      1. Mbak, saya baru saja baca blog ini karena anak saya baru terkena vitiligo.
        Saya boleh tanya ya… Bagaimana vitiligo mbak setelah sekian tahun?
        Apa ada perkembangan memakai obat herbal vitiligo itu?
        Terima kasih sebelumnya

  3. mbak mau tanya ponakan saya kean vitiligo, mbak menggunakan vitiligo natural saat ini gimana mbak? mohon infonya ya.semoga bermanfaat juga nih buat yang lain
    salam kenal dari medan

    1. Saya sudah menggunakan vitiligo natural kurang lebih hampir 1 tahun dan hasil yang saya dapatkan hanya vitinya aja yang tidak berkembang pesat, selain itu tidak ada hasil yang berarti, mungkin hanya itu yang bisa saya sharing, salam kenal Mas Ardi, tks sudah mampir.

  4. Salam kenal sy mas Tri. Terima kasih sya bisa bertemu sdr/i jayruhalku walau hanya lewat website. Sebagai info kpd bpk/ibu sy terdiagnosa dokter terkena vitiligo sekitar 3 tahun lalu lokasinya di bawah bibir kiri. Mulanya viti nya kecil dan trus membesar. sekarang viti sdh ada di bebepa tempat. Penyakit ini cukup merepotkan penampilan saya. Sya telah mencoba beberapa obat herbal seperti nutrimous produk CNI. obat ini diberikan oleh dokter kulit senior di kota sya tapi obat ini tdk efektif. Kemudian sya ke dokter kulit yang lain dan diberi obat namanya Protopic Tracrolimus ointment 0,1%.(hargnya sekitar Rp. 380.000) diproduksi oleh janssen from USA. dijual di opotik yg lengkap seperti Kimia Farma dll. Dan sy sdh memggunakan obat ini sekitar 2 bulan. Hasilnya cukup baik karena obat ini mampu menghambat perkembang viti tapi warna kulitnya sdh mulai kembali ke kondisi awal. Karena sy setiap hri harus ke kantor maka utk menyamarkan warna viti sy pakai eyes shadow warna sesuai kulit muka sya. Sy menggunak produk dari Revlon dan viti tersamarkan dan sy bisa menjalani aktifitas seharian dengan enjoy. Sy berharap sdr/i yg mengalami vitiini untuk trus hidup bersemangat, berpikir positif dan trus bersyukur kpd sang pencipta sehinga kita tetap bergembira dan sukacita menjalani hidup sehari-hari… Salam dari sya Tri.

    1. maaf kalau boleh tau, mas tri skarang tinggal di daerah mana.? lalu, perkembangan sekarang bgaimana.? terimakasih

    2. Salam kenal. Mba saya juga kena viti di dagu. Saya dikasih protopic 0,03%. Baru pakai ini. Doakan saya sembuh ya.

    3. infoyg sangat bermanfaat,,smga bsa bermanfaat untk semuanya saya ingn tnya pa tri itu pake protopic untk hasil yang sekrng bagaimana yahh? sdhhbz brapa salep pak? mohon infnya yah pak bsa di email kan ke ronie_ronicom@yahoo.com trmakash saya ingn bsa berbagi dg pendrta viti.

      1. Saya penderita vitiligo sejak umur 3 tahun . Protopic memang lumayan membantu pak terutama vitiligo yang didaerah wajah vitiligo saya warnanya memudar namun tidak untuk dibagian tubuh. Memang kata doktr penyembuhan dibagian wajah lebih mudah dibanding tubuh. Lalu diiring pola hidup sehat dengan makan makanan yang tidak banyak mengandung lemak dan bahan2 pengawet. InsyaAllah semoga kita semuq bisa pudar dan sembuh kedepannya amiin

    4. Permisi mau tnya,,
      Umur sya sekarang 15 thn, saya juga terkena penyakit vitiligo.. sya sudah menggunakan obat protopic 0,03%.. setelh sya memakai sekitr 2bln vitiligonya hilang, tp kok sekarang muncul lagi didaerah yg sma.. apa bpk/ibu juga mengalami yg sma ?

  5. mba, sudah berapa botol obat vitiligo natural ini mba pakai selama setahun ini? apakah ada efek samping? thanks

    1. Sampai saat ini saya baru menggunakan 1 botol, tidak efek samping dan tidak ada efek penyembuhan yang signifikan tapi ini bukan berarti obat vitiligo natural oil tidak baik, mungkin karena saya saja yang tidak cocok dengan obat ini, terima kasih ya atas kunjungannya.

  6. Mba, seberapa parah vitiligonya dan setelah menggunakan vitiligo natural berapa persen sembuhnya? Sy juga vitiligo dikasi salep warna coklat oleh dr tapi nggak sembuh2. Mohon infonya ya. Tq

  7. sy ada pengalaman untuk pengobatan vitiligo yg diberikan oleh dokter kulit yaitu obat luar namanya delsoralen saya oles ditempat yg terkena viti lalu dijemur sekitar 1 menit antara jam 8 – 10, 1 kali seminggu viti saya kembali normal dan tidak berkembang, namun sekarang viti sy ada lagi dan obat delsoralen itu sudah tdk diproduksi lagi tapi tdk semua orang cocok karena ada faktor lain mungkin seperti komplikasi dll. teman2 viti kalo ada info tentang obat delsoralen mohon disebarkan siapa tahu ada juga yg cocok. trims

    1. Terima kasih Mas Hams atas sharingnya, tapi sayang karena suatu dan lain hal delsoralen sudah tidak diproduksi lagi, tapi teman-teman viti tidak usah berkecil hati, lakukan saja pengobatan dengan apa yang bisa kita dapatkan sekarang ini. karena kesembuhan bukan datangnya dari obat yang kita gunakan tapi dari kesabaran dan kesungguhan kita yang mendapatkan nilai kesembuhan dari Pencipta Alam Semesta.

    2. Sy jg menderita vitiligo sudah lbh dr 15th. Baru membaca blog ini. Mau sharing saja dl dg delsolaren vitiligo saya hilang/pigment tumbuh. Stlh tdk diproduksi sy br nemukan penggantinya sekitar maret 2015 namanya meladinine. Sy dpt dr importir yg dipesan dr eropa timur. Dokter yg menangani sy dokter Yohanes Widodo di RS Sardjito Jogja. Sdh 2tmn sy kebetulan jg vitiligo mengalami perbaikan di kulit mereka. Saya sendiri di bagian muka (bibir, hidung dan mata) sudah 100% hilang. Demikian jg di siku 90% tumbuh pigment. Selain berjemur dg meladinine, salep jg protopic sy jg mnm antioksidant.
      kuncinya hanya telaten dg berjemur dan salep serta u kosmetik baik bodylotion/sabun/makeup tdk memakai yg ada kandungan pemutih.
      dokter yg menangani saya ada bbrp mungkin untuk masukan teman2 sesama vitiligo: dokter Yohanes Widodo di RS Sardjito Jogja. Dokter Rudy di RS Abdi Waluyo Jakarta. Sy jg pernah berobat di NUH Singapore namun krn keterbatasan waktu hrs bolak balik therapy sy memutuskan lanjut di Jogja. Mdh2an info dr saya bisa bermanfaat buat penderita vitiligo.

      1. Mba Lina, sy juga penderita vitiligo ditangan. Obat meladininde hrgnya brp? Bisa dibeli di apotik dgn bebas? Atau hrs dgn resep dokter?

      2. Obat tsb sy dpt dr importir dan pemakaian tetap dg pengawasan dokter.hrg pada waktu itu rp.800.000/btl tergantubg kurs dollar tp sy hrs beli 6btl krn ongkos transport dr eropa mahal sayang kl beli 1. Kebetulan ada tmn yg vitiligo jg jd mrk gantikan yg sy beli.

      3. Dear Yunita,
        Obat tsb sy dpt dr importir dan pemakaian tetap dg pengawasan dokter.hrg pada waktu itu rp.800.000/btl tergantubg kurs dollar tp sy hrs beli 6btl krn ongkos transport dr eropa mahal sayang kl beli 1. Kebetulan ada tmn yg vitiligo jg jd mrk gantikan yg sy beli.

      4. Coba pake penyinaran nb uvb 311 nm.Alat terapi sinar Fototerapi untuk pengobatan Vitiligo, Psoriasis, Mikosis Fungiodermis, Dermatitis Atopik via @bukalapak
        Semoga membantu

      5. B’ Lina bagaimana dengan vitiligonya? Anak perempuan saya juga mederita vitiligonya di dekat mata bagaimana cara mengatasinya? Sekarang ini lagi menggunakan salep protopic, tapi saya merasa khawatir krn perkembangannya cukup pesat, Terimakasih

      6. Salam kenal mbak,kalau boleh tau antioksidan apa ya? Saya juga kena vitiligo di hidung, selama ini menggunakan protopic+sinar UVB tapi nggak ada hasil.Mohon saran nya mbak. @TERIMAKASIH@

      7. Kakk salep meladinine itu beli nya di mana ??? Apotik kimia farma ada kah??? Makasi invo nya 🙂

      8. Sdri Lina, terima kasih sdh berbagi info, mohon kasih saya info alamat apotek/ tempat membeli meladinine tsb, saya tinggsl di jogja, saya pernah berobat dg dr. Sudirman RS Sarjito, tp krn tdk ada hadil yg memuaskan saya berhenti dan sampai skrg msh blm sembuh meski saya sdh mencoba mcm2 obat.
        Sdri Lina bisa wa/ sms saya ke 08886829297 atau email ke agathon.project777@gmail.com

        Tks, Tuhan memberkati

      9. sya jg pndrta vitiligo?saya mau nanya nie mbak
        bleh tahu g’ mbak mksudnya minum antioksidant mnuman yg sperti ap ya mbak.,dn slep protopic nya pke yg mna mbak,.? mohon blazan nya mbak.makasih!!

      10. mbak lina blh tahu g’ cara pmsanan mladine nya,. maksudnya mnuman antioksdant mnuman sperti pa mbak.?
        mhon d blz mbak mksih,.

      11. Ibu Lina, ini yg dimaksud Professor Pigmen itu ya Prof Dr. dr Yohanes Widodo bukan? saya juga disarankan oleh dokter Sp.KK saya di Semarang untuk mencoba bertemu dg beliau,,kalau boleh tau bagaimana keadaan vitiligonya sekarang? apakah sudah sembuh semua? terimakasih untuk infonya

      12. malam pak mau tanya berjemur yg di maksud itu d pagi hari yah?dng menggunakan salep protropick juga bisa ya??terima kasih salam hormat..

      13. Bu saya sumei hari yanto ada bercak bercak bakal vitiligo apakah obat meladinine itu tersedia di apotik apotik tks wass

      14. MB obatnya beli dmn ya?
        Anak saya umur 6th kena vitiligo d daerah mata, mohon infonya, skg sih pake vitiskin tp blm ada perubahan.
        Seduh saya liatnya, dokter kulit SBY Uda saya datangi tp nihil

  8. Utk yg brdomisili di sby,bisa datang k RS Haji,alamatnya di jl manyar kertoadi.disitu ada alat sinar uv protection A dan B
    hslnya lumayan.muncul bnyk spot coklat.tp klw habis disinar viti terasa gatal panas dan memerah.

  9. terima kasih sudah berbagi di blog ini, anak saya usia 3,5 thn di ujung mata ada warna putih sblh kanan agak besar dan jelas sebelah kiri agak samar, kalo habis berenang atau bermain panas2an warna puith itu akan tampak jelas sekali sampai 1-2 hari kedepan, dan kemudian sedikit berkurang klo lama gak bermain di terik matahari…… yg saya kawatirkan apakah itu vitiligo, saya baru sadar setelah 1-2 bln ini saya amat2in, kirain saya hanya panu biasa, tp setelah browsing2 internet saya sangat terkejut sekali !! Akhirnya saya bawa ke dokter kulit tp jawaban dokter tersebut sangat tidak memuaskan, apakah ini vitiligo dan apa serta bagaimana penyembuhannya dokter tersebut hanya menjawab sama seperti ulasan2 di web saat browsing……. saat ini saya mencari obat salep yg diberikan resep dokter tsbt tp sdh 3 minggu setiap apotik kami tnya selalu kosong (saya lupa nama obatnya krn istri yg catet)…… kadang pada kondisi2 tertentu kelopak mata dan sedikit dibawah mata muncul warna puith simetris seprti memawaki kaca mata/topeng….. tp kadang2 hilang, yg pasti permanen hanya di ujung mata kanan aja tepat di kulit ujung mata….. trs terang saya sangat kawatir apakah ini vitiligo dan kelak akan membesar dan menyebar menjadi timbul bercak2 putih lainnya (semoga hanya perkembangan kulit saja dan bkn virtigo)…………. terima kasih atas sharingnya.

    email : a121e_plg@yahoo.com

    1. Terima kasih Mas Harianto telah berbagi di blog ini, harapannya sih semoga ananda tidak terkena Vitiligo, tapi ada baiknya diperiksa dulu lebih lanjut apakah memang vitiligo atau bukan. Menurut dokter kulit kenalan saya sih katanya vitiligo pada anak-anak sangat mudah untuk disembuhkan dibandingkan pada orang dewasa. Semoga ananda dapat pengobatan terbaik Mas Harianto, tks.

    2. Sekadar sedikit sharing,
      Dokter pertama yang mendiagnosis saya vitiligo menjelaskan cara gampang mengetahui vitiligo atau bukan: lihat di bawah lampu terang bercak putih tersebut, apa rambut di atas kulit tersebut ikut memutih? Jika ikut memutih, berarti besar kemungkinan vitiligo.

      Benar, vitiligo pada anak2 lebih mudah disembuhkan. Yang penting jangan stress dan tetap semangat.

  10. terima kasih supportnya, rencana akan saya bawa ke RSCM Pusat krn dpt kabar ada Prof dokter yg bisa menjustifikasi vitiligo apa bukan….. sekali lg terima kasih atas sharingnya

    1. trima kasih mas warungnya.putra sy sangat ganteng , 2 thn lalu kena vitiligo, sy berobat ke dr Tjut RCSM dikasih salep prototype , sinar uv B . kulit anak sy jadi hitam .krn rmh n lokasi jauh& anak sy mengeluh ktnya matanya jadi agak kabur.akhirnya stop.sekarang sy lihat mulai menyebar lagi.bingung harus mulai pengobatan lagi krn anak sy malas pake salep n ke dr Tjut

  11. Mba jayruhalku blh aku mnta no hpnya gak.. aku mohon… ada yang aku mau tanya untuk pemesanan obatnya,, kalau boleh aku pesan lewat mbak aja. kalau boleh mbak tinggal dimana.. Trimakasih banyak mbak..

    1. Mas Andi, mohon maaf untuk no.hp saya nggak bisa share disini, dan untuk pemesanan Mas Andi bisa langsung ke website resminya. Hal ini semata-mata hanya untuk menjaga etika dalam berbagi. Jangan sampai terkesan mengambil keuntungan diatas penderitaan orang lain. tapi sebelum melakukan pembelian sebaiknya gabung dulu ke FanPage Vitiligo Indonesia di facebook, baca pendapat dr.David tentang Natural Oil yang banyak di iklankan di facebook.

      1. Hay kawan” aku jga punya pnyakit viti sdah parah,,ada di bagian keliling bibir dan di jari tangan,,bgi kawan” Ɣªήğ sdah smbuh dri viti tlng dongg di bagi infonya ini pin aku 2a14b5d7..mkasaih sblumnya

  12. Hi all… Seperti pengalaman kebanyakan, kejadian yang menimpa anak saya, umur 6 tahun sangat mirip.. mengira itu panu, diberi obat/cream anti jamur, tapi tidak berhasil. Akhirnya ke dokter, dan kemudia browsing…
    Terus terang saya sudah pasrah… Beruntung, penyakit ini tidak mematikan. Tapi memang sangat mengganggu. Melihat teman teman sekalian yang menderita Vitiligo begitu tegar membuat kami merasa dikuatkan.
    Hanya saja, kami berharap kalau ada pengalaman pengalaman penting untuk dipelajari barangkali bisa di share… misalnya seputar makanan, dsb… Termasuk obat… Diharapkan yang benar-benar memberi manfaat. Agar tidak memberi harapan semu… Dan ada juga para pelaku bisnis yang memanfaatkan situasi…
    Terima Kasih…
    Salam…

    1. Betul, saya juga sangat tidak suka banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan penyakit vitiligo ini. Jadi seakan-akan produk mereka atau mereka sendiri bisa menyembuhkan vitiligo. Mereka dengan mudahnya mengaitkan produk mereka dengan penyakit2 yang sulit untuk disembuhkan.
      ketika diminta pembuktian atau garansi! tentu mereka banyak berkelit.

  13. Mba aku punya adek kandung yang kena vitiligo di bawah bibir dan paha, ada yang mau aku tanyakan mba, blh kan @FB aku donk….? kalau boleh minta teks bhs inggrisnya mbak untuk pemesanan ke dubai ?

  14. Hi, saya ingin sharing sedikit,
    Saya sekitar 1,5 tahun terakhir ini terkena vitiligo.

    menurut saya, pemicu utama munculnya vitiligo adalah stress dan pola hidup yang kurang baik. Masing2 orang memiliki sistem imun yang berbeda, jadi penyembuhannya tidak bisa disamakan.

    saya pribadi, vitiligo saya belum sembuh, juga belum membaik, tapi setidaknya tidak menyebar. Saat ini vitiligo saya ada di wajah bagian pipi dan sekitar mata. Sejak 1 tahun terakhir tidak ada penyebaran. Puji Tuhan.

    saya sudah ke berbagai dokter spesialis ternama di Surabaya. Hasilnya saya disarankan untuk phototherapy NB UVB rutin, menggunakan protopic, dan sunblock SPF 60, dan minum suplemen. Semua itu saya lakukan plus rajin minum green juice (seledri, bayam, wortel, paprika merah, apel hijau, dan jahe) karena saya sadar saya tidak suka sayur.
    sejak kecil saya tidak suka sayur sama sekali.

    hingga sekarang saya hanya bisa bersyukur dan pasrah.
    bagaimanapun ini cobaan dari Tuhan yang harus saya jalani,
    Saya hanya bisa berusaha dan berdoa.

  15. salam kenal semuanya…saya frisca di malang,mau sharing juga ttg vitiligo
    saya mulai menderita vitiligo sekitar 5 tahun yang lalu,,kakak,pakde,dan bude saya juga
    saya sudah berobat ke dokter kulit sampai klinik estetika di surabaya tapi belum ada hasil yang memuaskan. dari obat yang diminum sampai salep juga tidak menunjukkan hasil yang memuaskan
    menurut dokter,vitiligo bukan penyakit yang menurun, tetapi pakde dan bude saya juga terkena vitiligo dan sudah menyebar banyak sekali di kulit tubuhnya, tidak menutup kemungkinan saya dan kakak saya juga akan menyebar seiring dengan bertambahnya usia.
    menurut dokter juga, vitiligo juga bukan karena makanan, tapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa penderita vitiligo tidak boleh mengkonsumsi kunyit, terigu dan produk2nya, susu sapi dan produk2nya, ikan laut dan seafood lainnya,,
    apakah benar penderita vitiligo tidak boleh terlalu sering terpapar sinar matahari?
    saya pernah browsing tentang obat vitiligo yang dijual di luar negeri, salah satunya vitiligo natural dari dubai itu, ada juga vitiligo herb, vitiligo oil, dll tapi saya masih ragu untuk membeli karena tidak tahu bagaimana caranya belanja barang dari luar negeri :p heheheh….selain itu saya juga takut apakah website nya benar2 terpercaya, dan apakah produk tsb bisa memberikan perbaikan pada vitiligo saya…
    sekarang saya tidak tahu lg bagaimana mengobati vitiligo saya, rasanya sudah hampir putus asa, tapi saya yakin semua penyakit ada obatnya (kecuali pikun dan mati) hanya mungkin belum ditemukan saja. vitiligo saya paling banyak ada di jari tangan, selain di pinggir kuku kaki, bibir, lubang hidung, dan sekarang mulai ada bintik kecil di perut dan dada.. kalau di jari tangan paling besar karena luka saat sering dipakai mencuci popok bayi saya jadi bekas lukanya ikut memutih menjadi vitiligo 😥 apakah teman2 juga ada yg seperti itu?
    semoga kita semua diberikan kesabaran dan tawakal oleh Allah SWT dalam menghadapi cobaan penyakit ini..Amiinn…

    1. Gak perlu kuatir soal penyakit vitiligo.
      Saya juga mengalami seperti anda smua malah udah 7 th.
      Saya udah kedokter kulit dan diberi salep , berjemur tapi gak ada hasilnya.
      Aku berusaha mengobati vitiligo dengan kayu selong juga gak ada berubhan.
      Akhirnya saya obati dengan lada hitam dicampur propolis dikasih tinta cumi alhamdulillah vitinya udah ada bercak hitam kecil”.
      Bukan cuma itu saya juga mengkomsusi Gold G setiap malam.
      Yang penting telaten aja.

    2. mas.namnay prof dr Tjut praktek tiap selasa.agar gampang ke rscm kencana.daftar dulu ya

  16. Sya didi mas, kebetulan sy jg terkena vitiligo dr kecil skrng jmlh klt yg sudah sy tersebar sktr 30% dan wkt itu sy sdh cocok dgn obt delsolaren tp syng obt itu sdh g produksi lg.
    Mngkin ad informasi lg tentang pengobatan vitiligo ???

  17. Sprtinya sya telat bgt baca blog ini.. Apakah sudah ada perkembangan ? Sya jga hampir nyerah unt vetiligo ini,.

  18. salam kenal. saya retno
    boleh tanya dokter yang menyarankan trans kulit itu di mana ya mas?
    6 taun lalu saya pernah melakukan operasi ini di china, dan hasilnya memang bisa tumbuh kulit yang warna kulit kita, tapi vtiligonya sepertinya lebih cepat dari perkembangan kulit yang berpigmen tersebut, jadi sekarang vitiligonya lebih besar dari kulit berpigmen tersebut
    sekarang saya ingin melakukan operasi tersebut
    mohon petunjuknya dimana ya?

  19. anak saya menderita vitiligo sejak usia 4th (atau sdh hampir 5 th), awalnya hanya sedikit di dekat mata dan dada dan bisa hilang setelah di obati dengan salep dr dokter, sejalan dengan perkembangan usia dan aktivitas yang kemungkinan lebih sering terpapar matahari (kata dokternya) maka 2 thn belakangan ini vitinya muncul lagi di dekat telingga, kelopak mata,dahi, dada, lutut dan pergelangan kaki, saat ini sedang menjalani pengobatan dengan menggunakan salep Protopic Tracrolimus ointment 0,1%.(dioleskan pagi dan malam) disamping juga meminum ashtinforce, perubahanannya untuk didekat mata sudah mulai ada hasil di bagian lain masih belum ada perubahan (mungkin karena di dekat mata kulitnya lebih tipis ya?), bila ada teman2 yg juga menjalani pengobatan yang sama mohon bs share prkembangannya. tks

    1. Hi mba imadhi.. saya Mita mau tanya anak nya pada usia 4 tahun dibawa ke dokter mana yaa? dan bisa hilang diobati dengan salep apa?
      semoga lekas sembuh yaa mba anaknya

    2. Hi mba Imadhie,

      Anak saya kena vitiligo, dari bayi tanda2 nya sudah ada di kelopak mata, dan saat ini usianya sudah 5 tahun. Viti di kelopak matanya menyebar dan agak membesar, saya sudah bawa ke dokter kulit dan di kasih salep yang sama (protopic Tracolimus). Pengobatan Baru berjalan 1 minggu ini, tapi nampaknya belum ada perubahan significant.

      Mohon di share mbak, gimana hasil pengobatan pada anaknya.

      Terimakasih,

  20. Pakai fungiderm obat panu dan kurangi makanan laut ,bawang Dan cabe banyak makan buah-buahan dan sayuran terutama bayam ..pasti sembuh.

  21. salam kenal all. sya menderita vitiligo, sejak sya lulus smp. awalnya hnya titik putih di bagian mata sebelah knan tapi sekarang sudah menyebar hingga bulu mata saya ikut memutih :(. apakah aman untuk operasi sinar uv.? minta saran kalau di cirebon ada tidak ya.? terimakasih

  22. Coba fototerapi nb uvb 311nm, dengan alat portable bisa dipake dirumah. Banyak yang sudah berhasil. Bisa cek di kaskus. Semoga membantu.

  23. Sekedar share info..sy juga menderita vitiligo, sy sudah mencoba bermacam obat dari yang oleh lantas harus berjemur 3 sampai 5 menit, sinar ultra violet dan yang terakhir melalui metode suntik. Untuk yang metode suntik perkembangannya sangat bagus tapi sayangnya saya tidak melanjutkan lagi karena keterbatasan waktu. Metodenya disuntik (seperti kalau kita dibekam) dibagian yang terkena vitiligo selama 1 kali seminggu selama 4 kali. Setelah 4 kali kunjungan kita datang 2 minggu sekali selama 4 kali kunjungan, Setelah kunjungan terakhir nanti darah kita akan diambil dan “diolah” setelah disuntikan lagi ke tubuh kita. Untuk yang terakhir saya belum sempat lakukan, karena keterbatasan waktu dan saya pindah tempat tinggal sehingga jauh dari rumah sakit tersebut. Hasilnya sangat memuaskan dan tumbuh bercak-bercak pigmen yang menutupi vitiligo saya. Dan saya ingin mencoba kembali untuk terapy ulang.
    Untuk informasi saya berobat di RS. Premier Jatinegara (d/h RS. Mitra keluarga Jatinegara) dengan dokter nya : Dr. Lis Surachmiati Suseno SpKK.
    Lebih baik kalau mau berobat daftar beberapa hari sebelumnya, karena pasiennya dalam sehari sangat dibatasi dan kalau hari sabtu antri nya lama sekali.
    Mudah-mudahan informasi dapat bermanfaat bagi kita semua…..

    1. Makasi roedi atas info nya. Kebetulan domisili dekat premier jatinegara, jadi tertarik utk coba. Saya udh kena viti dr SMP sampe sekarang udah usia 20thn. Udah coba macam-macam terapi yg d sebut d atas tp cuma terapi sinar uv yg pernah bisa bikin sembuh total. Tp setelah sembuh, bbrp bulan kmudian viti nya muncul lg. Jd saya pikir terapi sinar uv hanya menghilangkan sementara, tidak mengobati. Jd saya ingin mencari alternatif terapi lain yg lebih efektif. Trima kasih atas sharing nya

    2. Maaf sbelum ny mas roedi..
      Kalo boleh tau, mas roedi skarang tinggal di daerah mana ?? Kalo di daerah cirebon di rumahsakit mana yaa ?? Tmkasih

    3. Terima kasih pk reodi atas infonya sy udh punya viti dr umur 15 th skrg umur sy 40 th viti sy udh 40% dr badan sy trus yg mau ditanya biaya sekali suntik kl udh byk vitinya brp ya pak..?

  24. Mbak Aliyah, saya tinggal di bekasi mbak. Kalo di Cirebon saya nggak tau mbak. Setau saya cuma di RS. Premier Jatinegara dan di RSCM Jakarta. Tapi kalau di RSCM perlu buat perjanjian dulu, karena beliau lebih banyak mengajar di FKUI.
    Semoga informasi ini bermanfaat.

  25. saya aulia,usia 40 tahun, menderita vitiligo sudah lama dan terlihat nyata sejak tahun 2009, kebetulan banyak saudara juga yang kena penyakit ini.Sudah berbagai macam obat saya coba, dari yang tradisional, termasuk yang dari dubai juga namun hasilnya untuk saya tidak terlihat. Obat resep dari berbagai dokter seperti disebutkan di atas juga sudah,termasuk yang disuntikan ke setiap bercak putih.dan berobat ke beberapa dokter di dalam dan di luar negeri juga sudah,namun tidak ada kemajuan yang signifikan malah makin berkembang bercak putihnya. Namun yang terakhir saya bertemu dg profesor yang di jerman, dan hasilnya alhamdulillah lebih baik. Saya sudah 2-3 tahun mengikuti petunjuknya, trmasuk berkumpul bersama pengidap penyakit ini dari berbagai belahan dunia untuk mengikuti terapynya selama 3-4 minggu di dead sea jordania. Untuk tahun 2014 ini sekitar 160 orang pesertanya , dan hasilnya memang sebagian besar teman-teman yang seangkatan dengan sya tahun 2012 banyak yang berhasil. memang mahal dan menghabiskan banyak waktu untuk itu, tapi karena tidak ada pilihan lain selain dari beliou yang pengobatanya ilmiah dan terukur perkembangannya..jika ada yang lebih simple dan mujarab, mohon dishare ya teman-teman…Terima kasih banyak untuk infonya, dan untuk yang punya kolom ini, thanks ya..

  26. Coba ke dr. Bing Wibisono di RS. Gading Pluit, Kelapa Gading Jakarta Utara. Ada pengobatan khusus vitiligo, dengan cara dilaser di bagian kulit yang terkena vitiligo. Pasiennya banyak yang sudah sembuh

  27. Untuk mendukung tritmen penyinaran dirumah. Kini sudah ada lampu nb uvb 311 nanometer. Silahkan cek di kaskus.co.id. Di luar negeri, tritmen fototerapi dirumah sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa, karena lebih simpel dan efisien waktu.

  28. Saya salah satu ..yang terkena penyakit vitilogo…saya sdah. Menggunakan obat herbal ..katanya yang paling bagus untuk pengobatan vitiligo…….saya sudah mengunsumsi obat tersebut sebanyak 30 botol . Taoi sampai sekarang tidak ada hasilnya………..tlong saya minta penjelasanya…trims..

  29. Mbak Elvina, untuk biaya pengobatannya tergantung pemakaian obat dan luas area yang disuntik. Kalau biaya prakteknya Rp. 300,000.00 + Adm Rumah sakit Rp. 20,000.00. Biaya tambahannya pemakaian obat yang untuk disuntik (tergantung pemakaian dan area nya).
    Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat mbak. Salam.

  30. Assalamu-a’laikum Wr Wbr
    Saya ingin membagi informasi tentang penyakit ini, berhubungan dengan keimanan dan penyakit ini disebut (juga) “sopak” kulit belang/bercak putih ini sudah ada sejak 2 ribu tahun yang lalu, yaitu di zaman Nabi Isa a.s dan penyakit ini hanya dapat disembuhkan dengan izin Allah melalui Nabi Isa a.s (Lihat Qur’an Surah Ali Imran ayat 49 dan Surah Al Maidah ayat 110) . Penyakit ini pada zaman Nabi Muhammad S.A.W pernah dijangkiti oleh seorang yang Kesohor Uways Al-Qarni, Ia seorang Wali Allah dan Rasulullah berpesan kepada Sahabatnya (Umar ibnu Chatab r.a) Jika Engkau kelak bertemu dengan seorang Uways Al-Qarni , engkau minta untuk dido’akan karena termasuk “orang yang dekat dengan Allah SWT” tandanya ia berpenyakit sopak, dan sembuh karena do’anya kepada Allah.
    Waktu telah berlalu,.. Rasulullah S.A.W pun telah berpulang keramahtullah,

    Suatu hari Umar r.a. kedatangan rombongan dari Yaman, lalu ia bertanya: “Adakah di antara kalian yang datang dari suku Qarn?”. Lalu seorang maju ke dapan menghadap Umar. Orang tersebut saling bertatap pandang sejenak dengan Umar. Umar pun memperhatikannya dengan penuh selidik. “Siapa namamu?” tanya Umar. “Aku Uwais”, jawabnya datar. “Apakah engkau hanya mempunyai seorang Ibu yang masih hidup?, tanya Umar lagi. “Benar, Amirul Mu’minin”, jawab Uwais tegas. Umar masih penasaran lalu bertanya kembali “Apakah engkau mempunyai bercak putih sebesar uang dirham?” (maksudnya penyakit kulit berwarna putih seperti panu tapi tidak hilang). “Benar, Amirul Mu’minin, dulu aku terkena penyakit kulit “belang”, lalu aku berdo’a kepada Allah agar disembuhkan. Alhamdulillah, Allah memberiku kesembuhan kecuali sebesar uang dirham di dekat pusarku yang masih tersisa, itu untuk mengingatkanku kepada Tuhanku”. “Mintakan aku ampunan kepada Allah”. Uwais terperanjat mendengar permintaan Umar tersebut, sambil berkata dengan penuh keheranan. “Wahai Amirul Mu’minin, engkau justru yang lebih behak memintakan kami ampunan kepada Allah, bukankah engkau sahabat Nabi?” Lalu Umar berkata “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata “Sesungguhnya sebaik-baik Tabi’in adalah seorang bernama Uwais, mempunyai seorang ibu yang selalu dipatuhinya, pernah sakit belang dan disembuhkan Allah kecuali sebesar uang dinar di dekat pusarnya, apabila ia bersumpah pasti dikabulkan Allah. Bila kalian menemuinya mintalah kepadanya agar ia memintakan ampunan kepada Allah” Uwais lalu mendoa’kan Umar agar diberi ampunan Allah. Lalu Uwais pun menghilang dalam kerumunan rombongan dari Yaman yang akan melanjutkan perjalanan ke Kufah. (HR Ahmad)
    Demikian semoga bermanfaat. Wass.

  31. Saya menderita penyakit vitiligo sudah 1thn lbh !! Awalnya muncul bintik kcil , lama lama makin nyebar d skitar dagu , leher dan blakang kuping !! Ampir pasrah sih soalnya pengobatannya lumayan mahal !!! Tiap hr mauu kerja dagu saya d tutup pake hansaplas , Tp saya searching mngenai pnyakit vitiligo kekurangan vitamin apa !! Stlah saya searching !!! Saya cuma coba minum vitamin e , madu dan vitamin b12 tiap mlm sebelum tidur !! Dan Puji Tuhan vitinya dah mulai menunjukan prubahan yg cpat !!! Vitinya dikit dikit sudah mulai menghilang !!! Dan smpai skarangpun saya msh minum k3 obat itu !!! Saya jg punya foto prubahan vitinya !! Semoga bermanfaat !!

    1. mba vitamin e yg mba mnm namanya apa ? terus vitamin b12 nya namanya apa ? trus madunya merk apa ?
      terima kasih

    2. Mohon informasinya bagaimana progress Viti dengan Madu+Vit.E+Vit.B12 hingga saat ini ya? Jika diperkenankan, mohon info pin bbm atau kontak lainnya ya. Terima kasih banyak sebelumnya

    3. halo mba,boleh tau itu pake vitamin merk apa ya?kebetulan saya juga vitiligo dan sudah mulai membuat saya sangat stress karna tidak pd

  32. Sy sendiri merupakan penderita vitiligo sejak thn 2010 sampai skr. Segala macam obat sudah saya coba tapi penyakit ini tdk kunjung sembuh. Akhirnya sy memutuskan utk menyembuhkan dari dlm jasmani sendiri dengan cara meditasi pernafasan setiap hari dan ada hasilnya dengan tertahannya penyebaran vitiligo saya. Sbg catatan bahwa artis senior titek puspa juga sembuh total dari kanker serviks melalui meditasi.. semoga informasi berguna bagi yang mau mencoba jalan kesembuhan melalui meditasi.

  33. INI SEKEDar share aja saya mempunyai penyakit viti sdh sangat lama dari umur saya 15 tahun dan sekarang 56 tahun alhamdulilah dulu di mata di dada dan di pipi malah yang di dada dan ketiak cukup meluas. ada seorang dokter namanya dokter cucu dulu praktek di lengkong kecil dan rsakit imanuel. rumahya di jalan sederhana no.1, karena saya menganggap sepele karena setiap ke dokter dioles obatnya pasti sembuh, tapi suka muncul sekali2 di paha pokonya daerah lipatan yang tersembunyai. karena saya merasa tidak terlihat jadi tidak saya obati dan sekarang doktrnya masih ada tapi sudah pikun …gantinya muridnya nama dokternya namanya dokter asmaya kalau ga salah jalan cihampelas no 7 coba dicobaaja, hnya sayang obat yang diberikan dari doktr cucu sudah tidak dikeluarkan lagi..semoga bermanfaat.

    1. Selamat siang bu leny sy punya vitiligo jg udh 20th dan udh nyebar kmana2 mau tanya almt dr.asmaya itu almt lengkap daerah mana ya?

  34. Saya mau berbagi utk para penderita Vitiligo, memang sampai saat ini belum ada obat secara klinis kedokteran yang saya ketahui dapat menyembuhkannya, karena sampai saat ini juga belum ada yang dapat memastikan penyebab penyakit tersebut. Namun dengan tetap penuh semangat, hindari rasa minder dan tingkatkan rasa percaya diri serta terus berdoa untuk minta penyembuhan dariNya maka saya yakin vitiligo tersebut dapat hilang dengan sendirinya, atau minimal perkembangannya dapat diperlambat. Saya juga mengalami hal yang sama, namun untuk saat ini sy menggunakan “skin camouflage” yang dapat memberikan warna kulit sesuai dengan warna kulit kita, ini seperti cat yang digunakan unutk mewarnai kulit vitiligo kita agar sama seperti kulit kita semula. Obat ini tidak berdampak negatif karena ditemukan dr ahli kulit dari Australia. Saya sdh 2 tahun menggunakan cat ini dan dapat meningkatkan rasa percaya diri saya. Mungkin ada dari teman2 yang ingin mencobanya? memang harus dilakukan scan dulu terhadap kulut kita agar didapat warna kulit yang sesuai dengan kulit kita, namun ada juga yg dijual warna umum yang mendekati dengan warna kulit kita. Toko penjualnya ada di Jakarta Selatan, silakan mencari data yang lebih jelas dengan buka web sitenya

      1. Kalau mau lihat web nya cari di google dgn nama microskin indonesia. Alamatnya jl. Buncit raya no.101 c ADPD building jkt selatan. Tlp 021 79183352.

  35. Inilah kesimpulan pengobatan yang saya lakukan :
    1. Untuk mencegah perluasan dan mengecilkan vitiligo, saya menggunakan narrowband uvb 311 nanometer. Secara klinis terbukti, saya pribadi juga sudah membuktikan. Insya Allah terjadi repigmentasi, minimal tidak akan melebar lagi. Hasil riil dari penggunaan fototerapi narrowband uvb ini, viti di sudut bibir, kelopak mata dan kening sudah hilang.
    2. Saya menggunakan Jelly Teripang untuk menjaga kelembaban kulit viti setelah penyinaran. Hasilnya sangat bagus, kulit menjadi pink ( dan ini adalah tanda awal akan terjadi repigmentasi )
    3. Saya mengonsumsi vitamin b 12 sublingual dan juga asam folat sebagai pasangannya, karena beberapa penelitian, penderita viti mengalami gangguan absorbsi vitamin b 12. Asam folat diperlukan dalam proses metabolisme vitamin b 12.
    4. Saya selalu mencoba mencari gejala gangguan tubuh yang paling mendekati. Contoh, saya tidak tahan cuaca dingin, alergi dingin, sering bersin dipagi hari, mudah lelah. Gejala itu saya pelajari sebagian besar ada di penyakit Hipotiroid. Kemudian saya melakukan pemeriksaan endokrin. Hasilnya ternyata normal. Maka, saya akan mencari gejala lainnya. Artinya, selalu berusaha agar tubuh sehat menurut saya akan membantu proses penyembuhan viti. Kenapa saya mengambil sikap ini ? Karena vitiligo terbukti menyertai berbagai penyakit autoimun dan gangguan tubuh seperti : diabetes, gagal ginjal, hiper dan hipotiroid, stress oxidative. dll. Bisa Googling.
    5. Saya mengkonsumsi antioxidant alami, seperti buah-buahan dan sayuran mentah. Hal ini berdasarkan teori stress oxidatif. Jika anda memiliki uang lebih, bisa menggunakan supplement vitamin E dengan selenium. Di luar negeri, tumbuhan duckweed atau kayambang dipercaya bermanfaat untuk vitiligo karena antioxidant nya yang tinggi. Demikian juga tunas dari gandum.

    Jadi saya pastikan, dirumah memiliki :
    1. Lampu Narrowband uvb 311 nanometer, karena kalau bolak balik ke klinik susah membagi waktunya
    2. Sedia vitamin b 12 (yang generik juga okay) dan asam folat
    3. Vitamin E, lotion saya pake juga yang mengandung vitamin E
    4. Jelly Teripang dalam hal ini saya pake Gamat.**** *

    Semoga bermanfaat ya…

  36. Sayaaa juli dijakarta umur saya 19th. Saya mengalami viiti sejaaak kecil:( dan saya tak bisa apa apaa untuuk mengooobaatiinyaa. Saya hanya pasrahh karena keadaan ekonoomi. Saya ingiin sekaali sembuh seperti orang normal. Tap iini memang kehendak allah daan sayaa hanya bisa meneriimaa keadaaan dan kuat untuk menjalaniinyaa. Semoga allah memberiikan saya yg terbaiiik dibalik kekuraangan sayaaaaaa. Aamiiiinnn:) semangatt sahabaaaat vitiiii:)

  37. Salam kenal
    Saya Aji asal surabaya, awalnya dibibir sebelah kanan saya mncul bintik putih lama kelamaan makin membesar dan sekarang udah nyampe separuh bibir saya belang putih. gak lma kemudian dibawah mata kanan saya juga ada bintik putih trsebut sekarang juga udah lumayan besar, saya baru lulus sekolah mau cari kerja jdi minder tp saya pingin kerja kayak temen” laenya, setiap ketemu orang selalu tanya kenapa bibirmu itu? saya diem aja 😥 udah coba ke dokter dikasih obat + salep tapi gak ada hasil, lalu saya coba ke dokter lainya tp jawaban dari dokter tsb makin membuat saya minder karena beliau ngmong ini penyakit gak bisa sembuh 😥 buat para sobat tolong beri masukan agar saya bisa hidup normal kayak dulu, saya hampir putus asa ya allah 😥

    1. ya allah dek jangan nyerah gtu yah.. sy juga samaan kena nya pas SMP bayangin skrg udah tamat kuliah !! jgn stress mikirnya.. kt kena viti mungkin ujian allah biar bs lbh saba r lagi.. penyakit ini bs sembuh kok asal sabar ngobatinnya !! kt gak sendiri kok..

  38. Hi saya Ade juga sama kasusnya vitiligo ini sudah hampir 2tahun lebih..beberapa minggu lalu saya coba google obat penyembuh vitiligo dan saya temukan website vitiligo botanical..saya coba pesan produk tersebut, bentuk seperti salep dan diusapkan di bagian area yang vitiligo. Kebetulan waktu saya pesan saya ada kelebihan pesanan dengan mengunakan kartu kredit debit bca..maklum karena kurang mengerti bahasa inggrisnya karena ini produk dari australia dibandrol dengan harga 85dolar US beli 1botol free 1botol..kesalahan saya pesan 2kali karena di website nya saya kurang mengerti jadi kedobelan order jadi skr saya punya 4botol..Nah disini sebagai sesama vitiligo saya cuma mau nawarin apa ada yang mau membeli obat ini karena mumpung saya ada lebih botolnya m sisa 3botol masi baru dan masi gress segel belum dibuka..kalo kurang jelas saudara semua bisa lihat website resminya di www[.]vitiligobotanical[.]com atau bisa hubungi saya di nomer 0818597747

    1. Salam Pak Ade. Boleh saya minta info ttg manfaat obat vitinya? Anak saya dapat vitiligo 2-3 tahun yg lalu. Ingin coba. Terima kasih untuk perkenannya. Salam.

  39. Hy mba salam kenal, senang bgt baca2 sharing tmn2 sesama penderita viti,, saya maya, sebenarny dari kecil udah ada viti tp ga ngeh itu apa, dikira panu tp ga hilang2, yah jadi sy pikir itu tanda lahir sy. Sampe saat sy hamil tahun lalu, sy pikir bawaan bayi muncul di leher dan dada, tp sampai anak saya berumur 1 tahun bercaknya ga hilang juga malah muncul diujung bibir kanan. Saat itu skak, mulai panik karna betul2 mengurangi kepercayaan diri.. Googling sih vitiligo, krna penasaran aq ke dokter dan mmg betul vitiligo .. Sampai sekarang vitinya dah ada di ujung bibir kanan dan ujung bibir kiri *bs bayangin dong kliatan ky taring* plusnya muncul di punggung dan lutut 😦 baru mau nyoba obat cina dragonrear bei tien fang wan karna obat salep dr 2 dokter ga ada yg berhasil, semoga cocok obat cina nya. Thx sharingnya

    1. hai mbak gimana vitinya dg obat cina tsbt apakah ada hasil soalnya anak saya juga terkena vitiligo…

  40. Salam kenal semuanya. Saya kena vitilligo sekitar kelas 2SMA dan sekarang saya kelas 3SMA, sudah hampir satu tahun saya kena viti. Yang paling penting kita harus sabar utk mengobato vitiligo. Semoga bermanfaat.

  41. ass,,,sy riska,sy jg pengidap vitiligo hampir 1th ini,,, cuman vitiligo sy ini munculnya langsung banyak,,,di atas alis kiri,jidat tengah sama kepala,,,sy blom banyak nyobain obat2an untuk vitiligo karena keterbatasan ekonomi,,,
    sy pernah terapi therabim di rs tarakan,,,cuma kuat 4x sebab ngga kuat sama biayanya,,,jd sy stop,,,lalu sy beralih k jahe parut yg sy tempelkan k viti sy,,,alhmdlh yg di jidat tengah ilang,,,tinggal bekasnya kecil warna coklat muda,,, yg di atas alis mengecil,,,cuma yg dikepala ini bandel sekali,,, blom ada perubahan,,,
    moga2 bermanfaat,,,asal rajin aja,,, sebab emang lamban prosesnya

  42. hii.. salam kenal semua..
    sy gadis usia 25th, udh dri 2006 sy divonis dokter kena vitiligo ada ddaerah leher luas ny sktr seruas ibu jari, trus didagu selebar kuku kelingking. sy udh cba brmacam2 pengobatan mulai dri yg trdisional hrs dlukain dlu area viti ny smpe medis pun udh, trkhr sy nyerah tp sy dpt saran wktu itu cba protopic oinment hrg ny sktr 350rb anlah dlu…beli ny pun wktu itu pesen d palembang, wktu itu sy msh SMA, hasilny sih rada mengecil area viti nya, trs alhmdulillah smpai 10th ini tdk bgtu brkmbg, klo pun brkmbg tdk bgitu ketara.
    tp unk saat ini sy diemin aja viti nya krn udh lelah… yg pntg ubah gaya hidup, hindari stress, paparan matahri lgsg dan trs berdoa… itu aj sih. tp buat tmen2 silhkan kalo mau cba saleb yg sy pakai itu.

    1. Hy mbak zee sy mw tanya cra mndapatkn protopic oinment it mesti ad resep dokter atw qt bsa dpatkn secara lmgsung di apotik yg ad menyediaknny? Mohon balasanny ya mbak,alny sy jg mengalami vitiligo…. terima ksih sebelumny

  43. Hai mba slmt mlm.. Saya mw tanya..apakah mengobati viti dgn obat oles dan soralen boleh atau tidak untuk ibu hamil??
    Mohon jwbnnya yh mba..
    Terimakasih

  44. Saya sudah 8th kena penyakit vitiligo di pipi kanan saya sudah berobat dimana mana tapi gak bisa ngilangin lenyakit nya saya sudah berobat ke selialis kulit tapik gak terunjung sembuh saya mau beli obatnya itu bos

  45. Dear all,
    Maaf baru membaca blog ini, sy infokan obat yg sy pake u vitiligo belinya melalui importir dan diolah Lagi oleh dokter yg menangani Saya dokter yohanes widodo di rs panti rapih/sarjito jogja. Apabila Ada yg membutuhkan info lebih lanjut dpt menghubungi sy marlinaperkasa@gmail.com krn Saya jarang membuka blog ini. Semoga bs membantu dan dapt sembuh Dari vitiligo spt sy. Sukses selalu

  46. Terimaksih. Pengalaman nya sangat membantu sekali bagi saya yang juga mengidap penyakit vitiligo. Buat teman-teman yg sependeritaan dengan saya silahkan kunjungi blog saya ya yg khusus memuat konten tentang vitiligo..yuk kita saling berbagi dan sharing2

  47. Sy slah satu penyandang vitiligo awl.sya mw tanya utk mndapatkn protopic oinment butuh resep dokter gak,atw qt bsa lngsung aj ke apotik yg ad menyediakn obt itu? Mhon balasan
    Terima kasih sblum@…

  48. pengalaman sy kena vitiligo, waktu sy masih gadis…kebayang itu vitiligo bukan di tempat yg bisa ditutupi, tapi dikening, pelipis, dan di rambut paling bawah…wah yg stress ibu sy, sy dibawa ke dokter dan dikasih obat oles delosarolen , sebelumnya kulit dioles dulu oleh alkohol 70% lalu dioles delosarolen lalu dijemur dibawah matahari pagi, itu seminggu sekali..jgn berlebihan dijemurnya nanti akan melepuh, tp setelah kepanasan merah trus akan gatal kayak luka kebakar..tp lama2 akan sembuh, Allhamdulilah sekarang sy sudah sembuh dan jgn lupa diiringi doa juga

    1. kalau untuk berobat viti di Kota Medan Sumatera Utara di RS mana y atau dokter siapa tolong infonya sahabat semua….

  49. Mbak saya mau tanya Gejala awal vitiligo selain berca apa lagi?Soalnya baru baru ini di pipi saya juga ada bercak dan di bercak itu ada bintik bintik hitam tapi pinggirannya ada kecoklatan.Takut nya saya juga terkena gejala awal viti mbak mohon infonya ya Terimakasih

  50. Salam kenal dari saya di papua. Saat ini saya dapat vitiligo. Saya sudah dapat dari saya lulus SD. Bertahun-tahun cari obat tidak dapat juga. Saya umur 25tahun, saya dapat obatnya. Obat herbal yaitu JAHE MERAH, Jahe Merah Sangat Membantu Penderita Vitiligo. Cara buat ambilah jahe 30g dan masukan air ke dalam blander buatlah seperti jus, airnya jangan banyak. Dan gosok ditempat yang dapat vitiligo. Dioleskan ditempat yang ada vitiligo. Gunakan pagi & sore rutin setiap hari. Jangan lupa setelah pakai diam selama 15/20menit. Habis itu mandi. Dan terakhir pakailah minyak zaitun pengganti handbody. Dilarang memakan bahan BERKIMIA, RICA/CABE, PERWARNA, KUNYIT, MIE INSTAN, TEH KOTAK dan jangan kena sinar MATAHARI. Tidak harus keluarin duit banyak2.
    Terima kasih.

  51. Saya mau sharing dlu waktu saya smp-sma 17thn yg lalu prnh kena pnyakit vitiligo..dlu saya jg smpt berobat k beberapa dktr kulit tp ga ada hasil..malah kulit sprti terbakar perih panas..lalu paman saya mmbawa k pengobatan cina dan d beri obat oles berupa cairan hitam gitu..Alhamdulillah sembuh dan tdk kambuh lg smpai saat ini..katanya dia membuat ramuan itu turun temurun..alamatnya d jl.pagarsih bandung,klo dr arah pajagalan sebelah kiri jalan..yg saya ingat dlu masuk k gang besar..semoga msh ada saat ini pengobatannya

  52. Saya juga penderita Vitiligo sejak kelas 8 SMP (atau sekitar 8 tahun yg lalu), sekarang pun masih ada..
    Saya tadinya juga bingung, karena ke dokter spesialiskulit pun hingga professor pun angkat tangan.. Puji Tuhan, 3 bulan lalu saya bertemu dengan Erha Skin Care..
    Erha Skin Care banyak sekali cabangnya di seluruh Indonesia.. Untuk pengobatannya sendiri ga murah sebenarnya (krn penyakit kita bisa dibilang langka)..
    Setiap 2 minggu sekali akan dilakukan injeksi Kill Grade di daerah vitiligo, kemudian diberikan resep untuk salep pagi – malam..
    Belakangan ini hasilnya cukup memuaskan, viti mulai memudar dan saya pun terus melakukan treatment ini secara rutin..

    Intinya, kalo ada niat dan biaya (krn cenderung mahal) maka viti bisa disembuhkan kok

    Salam

    1. Kebetulan saya juga penderita vitiligo.. Saya juga pernah dengar.. sekarang di erha ada treatment buat sinar uv juga.. kalau boleh tau biayanya btp ya?? Sama berapa kali treatmentnya??
      Makasiih

  53. Klo misal oprasi cangkok kulit d wajah sebesar uang logam kira2 brpa biayanya sist?
    Mohon bantuannya
    Mksih

  54. Sy salah stu dri penderita vitiligo dan saat in sy sdng mnjlankan pengobatan dgn salep oles yg nmany yiganerjing dan alhmdulullah perlahan2 sdah mulai muncul bintik2 coklat yg menandakan wrn kulit sdh muli kmbali.sy mndaptknny dri group org2 yg terkena vitiligo dan rta2 makai yiga in dan smua mendapatkan perkembangan yg baik

Tinggalkan komentar